Jumat, 06 Desember 2013

Akhir pekan, hmmm senangnya, pasti anda berpikir demikian, namun apa reaksi anda kalau saat ini adalah malam senin? mungkin pikiran anda adalah kebalikan dari pernyataan di atas. Sebagian orang sudah menemukan cara-cara mengatasi syndrome I hate Monday yang mereka alami dengan memberikan tantangan pada diri mereka supaya terasa "menantang" atau pun lebih mensyukuri pekerjaan yang mereka miliki.

Ada saja alasan kenapa orang malas menyongsong hari Senin, salah satunya mereka merasa dengan bekerja keras kehidupan yang mereka dapat hanya ini-ini saja. Mereka bertanya “Kenapa saya tak seberuntung mereka?” pertanyaan ini kerap dipertanyakan saat melihat orang-orang yang sepertinya kehidupannya lebih baik dari kita. Orang Jawa bilang “Sawang Sinawang” secara harfiah artinya "saling melihat sesama" dan tidank jarang saling iri terhadap kehidupan masing-masing, ya sesuai dengan pepatah "rumput tetangga selalu terlhat lebih hijau" orang selalu memandang bahwa orang lain selalu lebih hoki, mungkin mereka lupa masih banyak orang yang tak seberuntung mereka  .
Kita tahu, bahwasannya di dunia ini tak ada yang serba kebetulan. Semua atas campur tangan Tuhan. Sungguh tak ada yang kebetulan beruntung, mereka menciptakan keberuntungannya sendiri.

Bagimana carnya?

Lebih Banyak Bersyukur
Sebaiknya kita melihat sekeliling kita, jangan melihat ke atas akan tetapi lihat-lah ke baantan wah banyak sekali orang yang tak seberuntung kita, bahkan pekerjaan pun mereka tak ada, sekolah pun tak bisa. Sebaiknya kita lebih bersyukur agar bisa lebih bersemangat untuk bekerja dan meraih impian. Apapun yang kita kerjakan, pedagang, karyawan, sopir atau pun pelajar. Mari kita mulai hari kita dengan ucapan syukur atas segala anugerah yang sudah Tuhan berikan.

Perbaiki kualitas Ibadah
Saya tidak munafik ada kalanya iman seseorang naik turun, namun ibadah tidak hanya masalah sholat, puasa (bagi muslim) bagaimana dengan berbakti kepada orang tua? Membantu mereka yang kurang mampu, menjaga kebersihan, tersenyum dan hal -hal kecil lainnya? berbuat lah kebaikan walau seberat biji sawi adalah hal yang tepat dan wajib anda praktekan. Koreksi ibadah anda apakah sesuai dengan ajaran yang anda yakini dan khusyuk?, ataukah sudah meninggalkan larangan-Nya?

Memberikan Kemudahan
Masalah ini adalah hal yang sepele, terkadang kita tidak sadar di dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan karena kita sedang bersaing untuk mendapatkan promosi atau nama baik di depan boss kita mempersulit kolega kita dalam menyelesaikan pekerjaannya atau melihat kolega kesulitan kita diam saja padahal kita bisa membantu. Kenapa kita tidak membantunya? siapa tahu kelak kita ada di posisi mereka?, satu hal yang perlu anda ingat adalah Tuhan akan memberikan kelapangan bagi mereka yang memberi kelapangan pada orang lain.

Lebih Peduli
Kepedulian terhadap sesama, terhadap lingkungan. Mungkin tak banyak yang bisa kita lakukan akan tetapi jika kita percaya “Apa yang kita tanam, itu yang akan kita panen” maka kita akan mulai peduli dengan sekeliling kita dan tak hanya egois memikirkan kepentingan sendiri dan tak butuh orang lain, tidak dapat dipungkiri rezeki itu datangnya melalui perantara orang lain dan tanpa di duga - duga asalnya, maka dai itu pedulilah teradap orang lain.

Bekerja Keras
Orang yang melakukan pekerjaannya lebih keras mereka adalah orang yang bersungguh-sungguh dengan apa yang dikerjakannya, mungkin dia memiliki impian sehingga dia bersungguh-sungguh. Oleh karenanya bermimpilah yang tinggi dan berusahalah meraihya agar bisa bekerja lebih keras.
Sudah siapkah menciptakan keberuntungan kita sendiri?
Semoga keberuntungan selalu menyertai kita dan anda boleh menambahkan point positif anda lainnya.




Categories: , ,

1 komentar:

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!